Pengontrol Lalat

Bagaimana 1M-Bio®FlyC bekerja?

  • Lalat dan larva merupakan satu mata rantai tidak terputus yang terus akan menjadi pengganggu dalam peternakan bila tidak dibasmi bersamaan. Membunuh lalat tidak akan menyelesaikan masalah karena larva akan terus bermunculan apabila lalat tidak bisa terbasmi habis sekaligus. Sebaliknya membasmi larva juga tidak akan menyelesaikan masalah bila bau kotoran dari hewan ternak masih terus mengundang datangnya lalat.
  • 1M-Bio®FlyC tidak bekerja seperti racun yang kerjanya membunuh dengan cepat akan tetapi tidak tuntas bahkan dari waktu ke waktu diperlukan penambahan dosis karena lalat/serangga menjadi resisten, hasil yang didapat adalah solusi jangka pendek.
  • 1M-Bio®FlyC adalah solusi terpadu membasmi larva dengan cara melakukan dekomposisi kotoran sehingga larva tidak mendapatkan asupan nutrisi dan kemudian mati. Mengusir lalat dengan aroma khas yang sangat tidak disukai oleh lalat dan serangga lainnya akan tetapi tidak mengganggu pernafasan dari hewan ternak. Lalat tidak akan hinggap di kotoran yang diberi 1M-Bio®FlyC sehingga tidak berkembang biak dan dengan sendirinya larva pun dapat diminimalisir.
  • Lalat yang terusir tidak akan kembali, larva pun tidak akan berkembang sehingga tuntaslah masalah lalat di dalam kandang. Dengan penggunaan secara periodik maka di dapat solusi jangka panjang, produksi dapat lebih stabil, kondisi kesehatan hewan ternak lebih terjamin dan keuntungan menjadi lebih tinggi.
  • 1M-Bio®FlyC mengandung mikroba pengurai yang akan mempercepat proses dekomposisi kotoran sehingga bau ammonia yang menyengat berubah menjadi gas yang tidak berbau dan kotoran juga menjadi lebih kering karena panas yang dihasilkan proses dekomposisi tersebut.

Dosis dan Cara Pemakaian:

Sebagai Pembasmi Larva:

  • Campurkan 1M-Bio®FlyC dalam air dengan perbandingan 1: 10
  • Siramkan ke kotoran yang menjadi tempat konsentrasi larva
  • Lakukan pengulangan setiap 3 hari sekali sampai jumlah larva minimal
  • Lakukan pengulangan 1-2 minggu sekali sesuai kebutuhan

Sebagai Pengusir Lalat dan Serangga:

  • Campurkan 1M-Bio®FlyC dalam air dengan perbandingan 1:20
  • Semprotkan dengan sprayer ke kotoran secara merata
  • Lakukan pengulangan setiap 3 hari sekali sampai jumlah lalat minimal
  • Lakukan pengulangan 1-2 minggu sekali sesuai kebutuhan

Khusus untuk broiler:

  1. Fasa pra-Brooding:
    1. Campurkan 1M-Bio®FlyC dalam air dengan perbandingan 1:20, Litter jangan dicampur dengan kapur dan Formalin atau desinfektan.
    2. Garuk litter dan semprotkan dengan sprayer ke Litter secara merata (ulangi 2 kali) lalu di angin-anginkan sampai kering.
  2. Fasa Brooding dan Post Brooding:
    1. Lakukan pengulangan setiap seminggu sekali untuk mencegah datangnya lalat dengan dosis 1:20 akan tetapi penyemprotan lebih dikabutkan (tipis).
    2. Berikan tambahan minum dengan 1M-Bio®Algen untuk menjaga agar kotoran lebih kering.
    3. Setelah litter turun, lakukan penyemprotan 3-5 hari sekali pada kotoran.
    4. Bila muncul larva pada kotoran, lakukan penyiraman larva dengan dosis 1:10 pada setiap spot larva dengan frekuensi 2 hari sekali. Umumnya larva dapat mati setelah 2 kali penyiraman.
  3. Catatan: 1M-Bio®FlyC aman, walaupun sampai terminum ayam, akan tetapi tidak disarankan untuk diminumkan.
  4. Walaupun bukan desinfektan akan tetapi telah dibuktikan bahwa 1M-Bio®FlyC juga efektif untuk membersihkan (desinfeksi) luka luar, karena sifat bakteri yang terkandung di dalamnya memberikan perlindungan dari bakteri patogen.
Share

Leave a Reply