Teknologi

Pendahuluan

1M-Bio® menggunakan bio-teknologi unggulan yang dikembangkan sendiri dengan sumber daya lokal. Upaya menghasilkan produk berkualitas ini melalui tahapan panjang yang telah menghabiskan banyak waktu, tenaga dan biaya. Akan tetapi keberhasilan kami mengembangkan sistem dan teknologi ini tetap akan kami share dengan masyarakat peternak agar dapat memberikan manfaat lebih luas lagi.

Sesuai dengan motto 1M-Bio® :Berbagi, Tumbuh Dengan Pasti“, maka kami tidak menutup diri terhadap keinginan masyarakat untuk mempelajari dan bahkan kami dapat membantu merealisasikan penerapan teknologi kami ini secara luas di dalam lingkungan Poultry di Indonesia. Kami berharap agar penggunaan teknologi ini dapat diperluas (Berbagi) untuk mempercepat pemulihan permasalahan tanah yang tandus di Negeri ini (Tumbuh Dengan Pasti) sekaligus memberikan nilai tambah kepada limbah (kotoran Poultry) yang selama ini hanya dijual murah karena mentah.

Keutuhan proses hidup, rangkaian daur alamiah, teori kekekalan energi, keseimbangan alamiah Yin dan Yang, seluruhnya adalah merupakan suatu hal yang telah berada dalam hidup kita selama ini dan yang kita perlukan saat ini adalah mengikutinya dan menjadikannya pedoman. Bukan hanya memanfaatkan alam akan tetapi juga memberi hidup secara alamiah merupakan jaminan kelangsungan hidup manusia sekarang dan selama-lamanya.

Alamiah, itulah pedoman kami dalam melangkah menghasilkan kemajuan yang tercapai selama ini. Ekosistem bergerak secara alamiah dan tidak boleh diberi ‘interupsi’ berlebihan, karena ketika terganggu maka sebenarnya kita telah menanam ‘bom waktu’ untuk diri kita sendiri. Gerakan ekosistem harus diikuti dengan teknologi yang tepat dan KAMI MENEMUKANNYA.

Teknologi 1M-Bio®

Teknologi pembuatan produk-produk kami pada saat ini merupakan teknologi terkini yang hampir mustahil dapat dikembangkan oleh kompetitor. 1M-Bio® melakukan riset dan pengembangan selama lebih dari satu dekade (10 tahun) untuk sampai ke uji efektivitas di luar lingkungan kami sendiri.

Teknologi yang kami gunakan kami yakini belum pernah diterapkan di dalam lingkungan Poultry manapun karena terapan kami ‘seolah-olah’ berlawanan dengan treatment dalam kandang pada umumnya. Sebenarnya bukan karena ‘berlawanan’ akan tetapi pemahaman reaksi kimia organik dalam proses pematangan kotoran pada umumnya kurang dan tidak tuntas diterapkan sehingga terjadilah masalah yang besar (mis: lalat, bau, basah dst).

Treatment yang dilakukan oleh hampir semua peternak pada saat ini hanya mengupayakan proses jangka pendek (bahkan sangat pendek) dalam hal menjaga lingkungan dari lalat, bau dsb. Upaya terpadu yang perlu dikerjakan dalam hal menjaga kondisi kandang yang merupakan asset yang mahal tidak pernah terpikirkan, akibatnya kerugian dan potensi keuntungan yang hilang selalu tinggi. Banyak ongkos yang tidak perlu harus dikeluarkan serta banyak potensi keuntungan yang hilang seperti rendahnya produksi dan tingginya kematian.

Proses pematangan kotoran harus dapat dilakukan dalam waktu singkat (High Speed Processing) agar bau seperti Ammonia, racun gas berbahaya seperti H2S, dsb dapat dikeluarkan dengan cepat dan tuntas. Terlihat pada diagram di bawah ini:

Kehandalan bio-tekonologi yang kami kembangkan menjamin setiap tahapan proses mulai dari hidrolisis, acidogenesis, acetogenesis sampai kepada methanogenesis dapat diselesaikan secara ‘Tuntas‘ dan dalam waktu ‘Sangat Singkat‘ sehingga proses yang terjadi tidak akan mengganggu sama sekali (malah banyak memberikan keuntungan) kepada ternak unggas yang berada di sekitarnya.

Tandon Processing Unit II di Lokasi Produksi 1M-Bio®

Apa Keuntungan Sistem yang bernama: 1M-Bio® ini?

  1. Sistem ini menjamin tersedianya lingkungan yang sangat ideal dalam kandang pada fasa produksi telur:
    1. ketersediaan suhu dingin di dalam kandang Poultry sehingga mengurangi ‘heat stress’ yang sering dihadapi pada saat siang hari.
    2. hilangnya lalat dan serangga pengganggu yang sering merugikan karena mendatangkan penyakit.
    3. Mereduksi ammonia sampai mendekati 95% sehingga kandang menjadi sangat nyaman bagi unggas.
    4. Bahan Organik yang diberikan awal, menjamin lingkungan lebih bersih bakteri patogen
    5. Secara Otomatis, FCR akan turun sehingga keuntungan akan maksimal.
  2. Sistem juga menjamin pengurangan biaya atas:
    1. Desinfektan
    2. Racun serangga
    3. Racun tikus
    4. Pemakaian listrik
    5. Pembersihan kandang
    6. Waktu Tunggu setelah Afkir jauh lebih pendek karena tidak diperlukannya pengeluaran kotoran
  3. Memudahkan perawatan kandang setelah Afkir, karena seluruh kotoran berubah matang menjadi bahan organik matang dan tidak lagi diperlukan pengeluaran kotoran.
  4. Bahan Organik matang tersebut dapat diolah lebih lanjut menjadi Pupuk Organik Cair yang saat ini sangat dibutuhkan oleh Petani untuk memperbaiki kesuburan tanah.
  5. Menjamin kestabilan hasil produksi Pupuk Organik Cair yang sangat sulit dilakukan oleh sistem konvensional.
  6. Memberikan kenyamanan kepada lingkungan masyarakat sekitar kandang sehingga keamanan kandang menjadi lebih terjaga.

Apa Yang diperlukan?

  1. Software sistem pengendalian dan pengolahan 1M-Bio®
    1. Konsultasi Awal
    2. Bimbingan pembangunan Hardware untuk sistem pengendalian dan pengolahan
    3. Tinjauan keberhasilan sistem pengendalian yang memberikan keuntungan dari sisi peternakan.
    4. Penerapan Awal  Pengolahan multi stage processing Pupuk Organik Cair.
    5. Tinjauan keberhasilan sistem pengolahan bahan organik yang berkelanjutan (sustainable processing assistant)
  2. Hardware
    1. Fundamental Treatment Content, yaitu penerapan bahan dasar yang menjamin kenyamanan kandang sejak sebelum kandang digunakan untuk produksi.
    2. Advanced Treatment Content, yakni penerapan bahan lanjutan secara periodik yang menjamin kenyamanan dalam kandang sekaligus merupakan treatment module dari Pupuk Organik Cair.

Apa Yang Sudah dicapai?

Bagaimana Untuk dapat menerapkan Sistem dan  Teknologi ini?

  1. Kandang Closed House Ayam Petelur fasa Produksi
  2. Rancang bangun bertingkat ‘A’ frames
  3. Kandang Baru atau Kandang lama setelah Afkir dan bersih manure (kotoran)
  4. Menggunakan sistem teknologi software yang kami kembangkan
  5. Menggunakan treatment content yang kami miliki
  6. Efisien unutk kapasitas kandang: 10.000 ekor atau lebih.

Share

Leave a Reply