About Us

Makna 1M-Bio:

1M   : Satu Manifestasi (perwujudan)

Bio : Kehidupan

Dengan segala kerendahan hati, kami ingin memberikan arti kepada Kehidupan dengan Satu Manifestasi (Perwujudan) yang nyata yakni Berbagi.

Motto Kami

Berbagi, Tumbuh Dengan Pasti

  • Berbagi, dengan kemampuan kami mengembangkan produk yang berkualitas dan juga ekonomis tentunya dapat terjangkau lebih luas oleh masyarakat Pertanian, Peternakan dan Perikanan. Dapat Berbagi dengan masyarakat luas, merupakan kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri bagi kami.
  • Tumbuh Dengan Pasti, bila kita dapat berbagi tentunya semua pihak akan Tumbuh Dengan Pasti karena mendapatkan manfaat, juga kami dapat terus mengembangkan produk-produk yang lebih baik lagi di masa depan.

Visi:

Alam telah menyediakan segala sesuatunya untuk mahluk hidup yang ada di Bumi ini, dan manusia diberi tugas untuk menjaganya.
Menjaga dalam pengertian kami adalah mengelola tanpa merusak alam itu sendiri, untuk itu kami mencoba untuk berbuat sesuatu dalam bentuk konkrit yakni memanfaatkan sesuatu yang kurang bermanfaat menjadi sesuatu yang bermanfaat dengan memperhatikan keseimbangan Ekosistem.

Misi:

Membantu meningkatkan Ketahanan Pangan Nasional dalam bentuk konkrit, yakni mengembangkan produk-produk yang dapat memperbaiki lahan pertanian, meningkatkan hasil panen, menjaga keseimbangan ekosistem peternakan dan perikanan yang efektifitasnya tinggi serta ekonomis.

Sekelumit Sejarah Kami

Dimulai tahun 2001, kami bergelut dalam dunia peternakan Unggas yang sifatnya semi-intensif. Kendala-kendala yang kami hadapi adalah masalah cuaca dan penyakit. Berbagai pendapat mengenai penyakit membuat kami semakin menyadari bahwa Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Ada 2 hal krusial yang menjadi perhatian utama kami yakni Serangga dan Sanitasi (virus dan bakteri patogen).

Masalah Sanitasi dapat terselesaikan dengan baik dengan kedisiplinan dan sistem hardware yang kami kembangkan.
Masalah Serangga jauh lebih kompleks karena setelah kami amati berbagai penyakit yang menginfeksi pada hewan ternak sangat dipengaruhi oleh jumlah serangga yang datang (lalat dsb).  Mahluk hidup seperti serangga memiliki daya juang hidup yang sangat tinggi dan tidak bisa diatasi hanya dengan racun kimia. Karena residu racun kimia malah menimbulkan resistensi pada serangga sehingga dari waktu ke waktu biaya pembasmian serangga naik secara signifikan dan tentunya sangat merugikan.

Penelitian dan pengamatan intensif kami lakukan terus menerus agar masalah serangga ini dapat teratasi dengan baik. Setelah bertahun-tahun berkutat dengan racun kimia, akhirnya kami mencoba mengatasi dengan sistem hardware yang kami bangun. Hasilnya ternyata tidak maksimal walaupun bisa melokalisir masalah. 

Baru pada tahun 2009 kami melakukan eksprimen dengan konsep baru menggunakan proses bio-teknologi yang lebih intensif (sejak 2002 telah kami lakukan percobaan-percobaan akan tetapi hasilnya tidak maksimal karena belum dilakukan secara terpadu). Melalui serangkaian percobaan bio-teknologi secara intensif tersebut,  kami mendapatkan suatu pencerahan yang ternyata menghasilkan produk yang bukan hanya dapat digunakan untuk membasmi serangga saja tapi juga dapat diaplikasikan sebagai Pupuk pada tanaman serta dapat menggemburkan tanah.

Pengembangan pada tingkatan berikutnya menghasilkan produk perikanan yang dapat berfungsi ganda sebagai probiotik dan pupuk bagi kelekap, lumut dan phytoplankton. Dengan tekonlogi yang terus kami  kembangkan maka pada akhirnya lahirlah produk probiotik untuk peternakan yang telah kami buktikan memberikan hasil yang positif untuk fasa pertumbuhan(growing periode) pada anak ayam sampai remaja dan memberikan kontribusi yang sangat signifikan pada fasa produksi ayam petelur sehingga rasio FCR(Feed Conversion Ratio ) menjadi sangat rendah.

Sinergi antara kami dengan masyarakat petani sangatlah erat dan ketika mengembangkan produk pertanian, kami pun mendapatkan dukungan yang luas sehingga kami dapat menghasilkan produk pupuk organik cair yang  sangat optimal manfaatnya. Untuk itu kami ucapkan rasa terima kasih  kami yang sebesar-besarnya kepada masyarakat di sekitar lokasi produksi kami, juga kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan peran serta aktif  yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dalam mewujudkan mimpi: Ketahanan Pangan Nasional (Tanpa Import).
Akhir kata kami ucapkan rasa Syukur kami yang sebesar-besarnya kepada Tuhan Yang Maha Esa atas pencerahan-pencerahan yang tentunya tidak akan kami dapatkan tanpa bantuanNya. Semoga di hari-hari yang akan datang kami dapat terus melanjutkan pengembangan produk-produk kami sesuai dengan Motto: Berbagi, Tumbuh Dengan Pasti.

Lokasi Kami

Dusun Jambean, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. 

Share

Leave a Reply